Kamis, 04 Februari 2010

Pancasila sebagai Ideologi Terbuka


Pancasila sebagai Ideologi Terbuka
oleh : Yono,S.Pd
Guru SMA Negeri 5 Purworejo

Pancasila adalah dasar dan ideologi negara yang bersifat terbuka. Karenanya sebagai dasar negara, Pancasila harus merupakan dan adalah dasar kebijakan (policy) dan tolok ukur penyelenggaraan kehidupan bersama, berbangsa dan bernegara. Sedangkan sebagai ideologi negara, Pancasila harus mampu menjadi penuntun arah perkembangan masyarakat dan negara.

· Pancasila adalah ideologi terbuka yang harus memiliki kemampuan mempengaruhi, mengikuti dan menanggapi secara proaktif perkembangan nasional, regional dan global. Pancasila juga harus mencerminkan dan mewakili realita pemikiran obyektif yang hidup dan berkembang dalam kehidupan dan keseharian masyarakat.

· Pancasila dituntut bersifat ilmiah, yaitu memenuhi syarat-syarat obyektivitas, kritis ( termasuk pada dirinya sendiri ), dialektis dan berorientasi pada kebenaran dan menjunjung martabat kemanusiaan. Pancasila tidak boleh diisolasi dari dialektika dan karenanya hanya memiliki kebenaran setelah diuji melalui dialog yang kritis dengan masyarakat dan lingkungan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar