Selasa, 17 November 2009

Remaja dan masalahnya

Dalam kesempatan ini penulis ingin mencoba mencurahkan pikiran dan perhatiannya. Bagi orang yang sudah dewasa, apalagi yang sudah seumur bapak, remaja dan permasalahan sudah tidak menarik lagi,karena masa ini sudah dilewati dengan segala cerita senang maupun sedih.Senang karena berhasil melewati masa ini sesuai dengan keinginan sendiri atau sedih lawan dari kata senang melewati masa remaja dengan perjuangan bagaikan seorang pejuangan yang berperang dilaga medan pertempuran.
Berdsarkan hal diatas maka penulis memiliki sebuah pertanyaan apa yang dapat kita sumbangkan bagi renmaja-remaja yang sedang menitih dimasa ini.
Bahwa masa remaja merupaka suatu masa yang sangat penting bagi perjalanan seorang manusia didunia in. Bagi yang dapat melalui masa ini dengan baik akan menjadi manusia yang baik.Bagi manusia yang sukses melewati masa ini akan menjadi manusia yang sukses.Dan sebaliknya manusia yang tidak dapat melalui masa remaja dengan baik menjadi manusia yang tidak baik maupun sukses atau manusia yang menyimpang atau nakal,jahat, abnormal atau sebutan negatif di masyarakat.
siapa yang dimaksud dengan remaja itu. Remaja adalah manusia yang sedang dalam masa mencapai kematangan mental,emosional, sosial dan fisik. atau menurut Piaget seorang tokoh pendidikan dan perkembangan menyatakan pandangganya tentang masa remaja:
masa remaja adalah usia dimana individu berintegrasi dengan masyarakata dewasa, usia dimana anak tidak lagi merasa dibawah tingkat orang-orang yang lebih tua melainkan dalam tingkatan yang sama,sekurang-sekurangnya dalam masalah hak.Integrasi dalam masyarakat (dewasa) mempunyai bayak aspek efektif, kurang lebih berhubungan dengan masapuber, termasuk juga perubahan intelektual yang mencolok.
Berdasarkan pengertian remaja diatas dapat ditarik sebuah kesimpulan remaja adalah secara fisik seperti orang dewasa namun belum memiliki kematangan mental,emosional maupun sosial.atau suatu masa dimana manusia tidak dapat disebut lagi anak atau anak-anak namun belum memiliki ciri-ciri sebagai manusia yang sudah dewasa.
Remaja yang merupakan masa dimana berada dalam masa transisi mengalami berbagai masalah dalam menuju dewasa,baik masalah dalam diri si remaja itu maupun dari luar si Remaja.Masalah dari dalam diri remaja itu diantaranya kenyataan dengan harapan yang jauh berbeda,mencari identitas diri,kepercayaan diri,tubuh yang berkembang tidak proporsional, dan sebagainya.Dan masalah dari luar antara lain masalah keluarga,teman,lingkungan si remaja sekolah dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar