Selasa, 03 November 2009

Perkembangan Kebudayaan Hindu-Budha Dan Islam Di Nusantara

Dalam bab ini akan diulas tentang perkembangan budaya beserta produk-produk budaya dan seni dari kebudayaan Hindu,Budha dan Islam di Indonesia.Dengan mempelajari bab ini diharapkan kalian dapat mengenali dan memisahkan hasil kebudayaan Hindu,Budha dan Islam di Indonesia.
Masuknya pengaruh luar khususnya agama dan kebudayaan Hindu dan Budha dari India ke Indonesia berpengaruh besar terhadap perkembangan kebudayaan Indonesia.Unsur-unsur kebudayaan Hindu,Budha dan Islam tersebut bercampur dengan budaya asli Indonesia, kemudian melahirkan budaya baru. Perpaduan antara unsur-unsur budaya asli ,Hindu dan Budha di kenal dengan Akulturasi. Wujud alkuturasi tersebut antara lain seni bangunan,aksara dan sastra,sistem pemerintahan,sistem kalender dan sistem kepercayaan dan filsafaat.
Di Indonesia banyak ditemukan bekas-bekas peninggalan sejarah kerajaan-kerajaan yang bercorak Hindu-Budha. Peninggalan-peninggalan sejarah kerajaan-kerajaan bercorak Hindu Budha,antara lain : candi,stupa,gapuran,arca,relief,patung dan karya sastra.

  • Candi berasal dari kata Candika,sebutan untuk Durga sebagai Dewi Maut.Jadi bangunan candi,ada hubungan dengan kematian.Candi sebagai tempat makam hanya dalam agama Hindu.Sedangkan dalam agama Budha sebagai tempat pemujaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar