Setelah menempuh mata pelajaran ini siswa diharapkan mampu :
Memahami dan menjelaskan pengertian sejarah sebagai ilmu menurut persyaratan dan asas-asas serta sifat-sifat ilmu
Memahami dan menjelaskan metode ilmiah sejarah serta teknik penggunaannya dalam proses pembelajaran sejarah
Memahami dan mengidentifikasi serta penggunaan sumber sejarah dan ilmu bantu sejarah
Memahami dan menjelaskan perkembangan serta permasalahan sejarah sebagai ilmu sehingga mengenal karakteristik ilmu sejarah
Memahami dan menghargai nilai sejarah maupun fungsi dan kegunaan sejarah, khususnya sebagai wahana pendidikan.
ASAL KATA SEJARAH
Dilihat dari asal katanya berasal dari bahasa Arab : SYAJARATUN
yang artinya pohon kayu, keturunan, asal-usul, atau silsilah
Eropa
Geschiedenis (Belanda) : sesuatu yang telah terjadi ; geschieden = terjadi
Geschichte (Jerman) : sesuatu yang telah terjadi ; geschehen = terjadi
History (Inggris) aktivitas manusia yang berhubungan dengan peristiwa-peristiwa tertentu yang disusun dalam hubungan yang kronologis
Kata history berasal dari bahasa Yunani historia yang artinya pengetahuan yang diperoleh melalui penyelidikan (= ilmu) / inkuiri
DEFINISI SEJARAH
- History is past human behavior, recorded and unrecorded, in its many varieties (CTPL, 1974 :1).
- Sejarah adalah Ilmu pengetahuan yang membahas peristiwa yang terjadi dimasa lampau yang dilakukan oleh manusia yang membawa perubahan yang lebih baik.
- Sejarah adalah peristiwa yang telah terjadi dimasa lampau.
- Sejarah adalah menceritakan,menggambarkan peristiwa yang terjadi dimasa lampau.
- Sejarah sebagai Peristiwa ( history as event)
- Sejarah sebagai Kisah (history as an Recital )
- Sejarah sebagai ilmu (history as science )
- Sejarah sebagai seni ( history as art)
- Manfaat Educatif
- Manfaat Intruktif
- Manfaat rekreatif
- Manfaat insperatif
Peristiwa sejarah yang terjadi dimasa lampau dari suatu bangsa dapat dijadikan pegangan hidup bagi bangsa tersebut di masa sekarang dan masa yang akan datang.
Peranan ilmu sejarah dalam kehidupan Masyarakat :
- Sejarah dapat menjadi penghubung antara generasi sekarang dengan generasi yang akan datang.
- Untuk membangkitkan semangat nasionalisme dengan memberikan pengetahuan tentang kejayaan suatu bangsa yang terjadi dimasa lampau.
- Memberikan semangat dan dorongankepada bangsa Indonesia untuk berjuang membebaskan diri dari penjajahan atau masalah yang menimpa bangsa ini.
pembabakan peristiwa berdasarkan masa atau lingkaran waktu.
contoh periodesasi adalah menurut Prof Dr. Sartono Kartodirjo :
- Prasejarah
- Zaman Kuno
- zaman kerajaan-kerajaan tertua (abad IV - VII )
- Zaman Sriwijaya ( abad VII - XIV )
- Zaman Majapahit ( abad XIV - XV )
- Zaman Peralihan ( abad XV )
- Masa Aceh,Mataram,Makasar, ternate,tidore ( sejak abad XVI )
- Masa Perlawanan terhadap imperalisme barat (abad XIX)
- Masa pergerakan nasional (abad XX )
- Masa Republik Indonesia ( sejak 1945 )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar